Rabu, 11 Januari 2012

DR. Otto Hasibuan, SH, MM



Memiliki Bakat
Leadership Sejak Kecil


Namanya begitu popular, tak ada satupun advokat di Indonesia ini yang tak mengenal namanya. Ya, DR. Otto Hasibuan SH, MM, adalah nama tersebut. Dalam setiap kartu advokat yang dipegang oleh pengacara pasti tercantum nama dan tandatangnnya sebagai Ketua Umum Peradi (Perhimpunan Advokat Indonesia) sebagai satu-satunya wadah tunggal advokat.


Anak Siantar yang lahir di Jalan Sutomo Pematang Siantar, tanggal 5 Mei 1955, ini dari sejak Sekolah Dasar sudah aktif dalam kegiatan organisasi. Kisah sukses hidupnya memang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan organisasi. Bahkan boleh diibaratkan, jika ia tidak berorganisasi, sama seperti makan tanpa garam. Semasa SD, dulu ada namanya PORSEDA (Persatuan Olah Raga Sepeda), ia sudah jadi ketua. Kemudian saat di SMP, di Kabupaten Simalungun, ia sudah mendirikan perkumpulan sepakbola, dalam ukuran dulu suatu klub yang sudah profesional, dalam arti sudah ada tim yang lengkap, ada manajer, kostum lengkap, dan ada yang mendanai.
Klub tersebut dinamai Putra Andalas. Dia sendiri sebagai ketua klub dan teman-temannya menjadi anggota. Manejernya seorang polisi dan penasehat adalah Kapolres Simalungun. Jadi kalau mereka bertanding, Polres yang menyediakan mobil atau bis untuk transportasi. Dulu (kira-kira tahun 1968) suatu klub sepakbola di kota kabupaten itu naik mobil (bis) adalah suatu hal yang luar biasa. Sebab ketika itu di Pematang Siantar (Kabupaten Simalungun) hanya ada satu bis. Bahkan saat itu ia sendiri mengaku belum pernah naik bis (mobil).
Ketika di SMA, dulu ada PPSMA (Pemuda Pemudi Sekolah Menengah Atas) yang kemudian pada tahun 1972 diubah secara nasional oleh Menteri Pendidikan menjadi OSIS. Pada saat perubahan itu, ia terpilih menjadi Ketua OSIS pertama dalam pemilihan yang mirip Pemilu (voting), satu orang murid satu suara. Setamat dari SMA, masuk ke UGM, ia pun langsung memprakarsai kegiatan organi-sasi. Awalnya, pada malam inagurasi (acara peresmian atau pelantikan), biasanya tingkat yang lebih tua yang membuat acara tersebut. Tapi waktu itu ia sudah lebih dulu mengorganisir teman-teman yang satu tingkat. Kepada kawan-kawannya dikatakan, “Kita yang punya pesta, kitalah yang bikin.” Setelah melalui perdebatan yang panjang, akhirnya diputuskan, mereka yang bikin malam inagurasi dan ia terpilih menjadi ketuanya. Padahal ia baru masuk (mahasiswa baru).
Kemudian ia juga aktif sebagai ketua BKMK. Lalu pada pemilihan senat, ia terpilih menjadi salah satu ketua. Sebenarnya waktu itu ia meraih suara terba-nyak.
Selain dalam kegiatan organisasi kemahasiswaan, ia juga aktif di organisasi pemuda gereja N-HKBP. Ia jadi Sekum (sekretaris umum), dulu istilahnya bukan ketua melainkan sekretaria umum. Kegiatannya di organisasi-organisasi itu cukup menggambarkan betapa senang dan menyatunya dia dalam dunia organisasi. Bahkan boleh diibaratkan, jika ia tidak berorganisasi, seperti makan tanpa garam. Kisah hidupnya memang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan organisasi. Setelah jadi advokat pun ia langsung mendaftar menjadi anggota Peradin (Persatuan Advokat Indonesia). Beberapa waktu kemudian, ia menjadi komisaris dan akhirnya menjadi Sekretaris Peradin. Pada tahun 1985, semua organisasi advokat menjadi wadah tunggal, Peradin dan yang lain-lain dilebur menjadi Ikadin (Ikatan Advokat Indonesia).
Di Ikadin, ia memulai dari bawah, mulai dari Wakil Sekretaris Cabang Jakarta (1986), waktu itu wilayah Jakarta masih satu, belum dibagi (Timur, Selatan, Barat, Utara, Pusat). Kemudian menjadi Ketua Cabang Jakarta Barat (1990), terus naik lagi jadi Wakil Sekjen DPP Ikadin (1995), lalu menjadi Pejabat Sekjen DPP, sampai menjadi Sekjen DPP (1992-2002). Sampai akhirnya mencapai puncak menjadi Ketua Umum DPP Ikadin periode 2003-2007 dan dipercaya kembali pada priode 2007-20012. Ia juga aktif sebagai anggota International Bar Association (1985) dan anggota Inter Pacific Bar Association. Selain itu, Otto pun dipercaya sebagai Ketua umum DPN Peradi hingga sekarang.
Dari jenjang itu, tergambar betapa ia betul-betul menjiwai dunia organisasi advokat ini. Ibarat militer, ia jalani lengkap dengan militansi tinggi mulai dari prajurit sampai jenjang jenderal berbintang empat. Dalam komunitas adat pun ia ikut aktif. Ia memang tidak memasuki tata-adatnya karena menganggap itu bukan dunianya. Tapi musyawarah adat itu, menurutnya, adalah bagian dari organisasi. Sehingga sekarang ia dipercaya komunitas adat marganya menjadi Ketua Marga Hasibuan. Jabatan ketua marga ini pun tidak langsung serta merta dipercayakan kepadanya. Tapi dimulai dari ketua salah satu seksi kemudian jadi sekretaris, jadi Sekjen, lalu jadi ketua umum.
Ia memang termasuk orang yang tidak suka melompat-lompat dalam meraih sesuatu. Hal ini bahkan sudah merupakan prinsip hidup baginya. Misalnya, kalau ada tangga, di mana ia sedang berdiri di tangga ketiga, dan di tangga ketujuh ada sesuatu rejeki atau kesempatan (kans), hampir jarang ia langsung melompat ke tangga tujuh walaupun ada sesuatu yang menarik di tangga tujuh tersebut. Jadi ia cenderung selalu meniti anak tangga, dari tangga satu, dua, tiga ke tangga empat dan seterusnya. Setiap tangga itu pun harus diinjak dulu, apa sudah kuat atau tidak. Kalau sudah kuat, baru ia naik ke tangga berikutnya, begitulah seterusnya.
Dalam hal berorganisasi, ia tidak pernah berpikir bahwa ikut berorganisasi agar menjadi ketua. Melainkan ia masuk untuk berbuat sebaik mungkin. Itu saja! Kendati setelah tiba waktunya orang kemudian menunjuk dan memilihnya sebagai ketua. Jadi, menurutnya, pasti tiba waktunya kalau kita selalu berusaha berbuat baik. Dalam pikirannya, harus ‘everlasting’ (tahan lama). Sesuatu yang didapat itu harus tahan lama, baik dalam berkawan, kalau bisa abadi, dalam arti, ia tidak suka kontroversi atau konflik. Karena memang hal ini sudah merupakan prinsip atau pandangan hidupnya.
Dari kecil dia memang dikenal sebagai seorang ulet dan rendah hati. Kendati ia mengaku dalam perjalanan hidupnya merasa tidak ada yang istimewa. Biasa-bia-sa saja. Tapi dia juga tidak pernah merasa bahwa hidupnya terlalu tidak istimewa. Namun suatu hal yang boleh dibilang istimewa manakala menelusuri perjalanan hidupnya ke belakang, bahwa memang Tuhan selalu memberikan yang terbaik kepadanya. Walaupun ia mengaku tidak kaya raya. Jadi, menurutnya, tidak ada yang secara spesifik sekali yang harus diceritakan dalam perjalanan hidupnya. Kalaupun ada, kalau boleh dibilang spesifik, yaitu kesukaannya berorganisasi sudah ada sejak kecil, mulai dari kelompok-kelompok bermain. Kalau ada teman-teman dua tiga orang, ia suka mengorginisir, seperti, kelompok main bola, ia sudah jadi ketuanya.

DAFTAR RIWAYAT HIDUP:
Nama       : DR.Otto Hasibuan, SH, MM
Lahir        : Pematang Siantar, 5 Mei 1955
Agama    : Kristen
Profesi     : Advokat
Jabatan   : Ketua Umum DPN Peradi, Ketua Umum DPP Ikadin
Isteri         : Normawati Damanik
Anak        : - Putri Linardo Hasibuan (kuliah jurusan ekonomi di Curtin University, Australia)
                  - Lionie Petty Hasibuan (SMP)
                  - Natalia Octavia Hasibuan (SD)
                  - Yakub Putra Hasibuan (SD)
Ayah        : Hasibuan
Ibu            : Boru Siahaan

Pendidikan:
S1 Fakultas ukum UGM
Comparative Law Course di University Technology of Sidney
Kandidat Doktor di UGM

Organisasi:
Wakil Sekretaris Cabang Jakarta (1986)
Ketua Cabang Jakarta Barat (1990)
Wakil Sekjen DPP Ikadin (1995)
Pejabat Sekjen DPP Ikadin dan Sekjen DPP (1992-2002)
Ketua Umum DPP Ikadin periode 2003-2007
Kordinator KKAI
Ketua DPP Ikadin Periode 2007-2012
Ketua DPN Peradi
Anggota International Bar Association (1985)
Anggota Inter Pacific Bar Association.

Alamat:
OTTO HASIBUAN & ASSOCIATES
ADVOCATES & LEGAL CONSULTANTS
Komplek Duta Merlin Blok B-30
Jl. Gajah Mada No. 3-5 Jakarta 10130 - Indonesia
Telp: 021-6335138 (Hunting)
Fax: 021-6333326
E-mail: ottohsb@ottohasibuanlaw.com



267 komentar:

  1. maaf bapatua saya lancang saya horasman marga hasibuan dari siantar mau bertanya??????

    apakah bapatua kenal sama yang namanya onggun hasibuan yang dulu membawa rombongan hasibuan dari tapanuli bagian sibolga

    BalasHapus
  2. Horas Tulang,

    Jujur saya sampaikan kepada Tulang, saya sangat kagum dan simpatik pada tulang dalam dunia Pengacara yang tulang emban selama ini. Semoga apa yang tulang perbuat selama ini dapat bermanfaat bagi nusa dan bangsa. Semoga jejak rekam tulang dapat saya ikuti kelak nantinya. Salam hormat buat tulang. GBU.

    BalasHapus
  3. Hormat saya untuk Bapak Oto Hasibuan
    ..HORASS

    BalasHapus
  4. Hormat saya untuk Bapak Oto Hasibuan
    ..HORASS

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Good pak otto,, maju terus pantang mundur

    BalasHapus
  7. Good pak otto,, maju terus pantang mundur

    BalasHapus
  8. Horaaasss.... Horaaasss..!!!
    Semoga Tuhan memberkati mr.otto

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. luar biasa pak otto hasibuan...jenius , sy senang liat bpk berdebat

    BalasHapus
  11. Setelah mengikuti kasus jesicca, saya sibuk mencari biografi pak otto, dan saya menemukan blog ini, dan saya terkejut dgn segudang prestasi bapak, apalagi di persidangan jessica, saya cukup kagum dgn bapak, tenang dan sabar, walaupun dimedia bnyk menghujat bapak, apalagi hujatan pak darmawan, yg bilang bapak bodoh lah, mata duitan lah, akhirnya saya paham sendiri siapa yg bodoh dan mata duitan, tanpa bapak harus menjawab hujatan beliau. Maju terus pak otto, salluuutttt buat bapak. HORAS

    BalasHapus
  12. Orang gila semua...yg dikagumi dan yg mengaggumi..streess berar

    BalasHapus
  13. Balasan
    1. Biasa dmn emangnya..?
      Biasa ngapain.
      ato biasa diapain..?

      Hapus
  14. Saya kagum dengan pak otto hasibuan, sebagai loyer benar dan teliti melakukan setiap detail hal dalam perkara, dan pelan namun pasti pak otto sekaligus menunjukkan ke mata publik indinesia, kekeliruan masalah hukum di indonesia, mulai penyelidikan, jaksa, sampai hakim.sukses selalu untuk bapak otto hasibuan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Lawyer bkn loyer lae..biasakan tulis nama orang diawal huruf dgn huruf besar lae. Otto bkn otto.

      Hapus
  15. DR Ottoh hasibuan ..... Horas.....

    BalasHapus
  16. kenapa ya pengacara kalau pengajuan kredit ditempat kami ditolak

    BalasHapus
  17. Justru sangat disayangkan,seorang otto yg tadinya disegani dan kagumi soal pengetahuan hukumnya,namun dalam kasus jesica otto memperlihatkan ketololannya dengan meragukan pengetahuan dan keterangan saksi2 ahli.akhirnya masyarskat skarang sdah bisa menilai dan bahkan meragukan jugs pengetahuan hukum otto hasibuan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tanya:
      knp tdk boleh diotopsi?
      apakah sianid bs dimasukkan setelah org mati? sehingga tdk menyebar ke hati empedu dan urin?
      sy bangga pak otto berani membela jessica…

      Hapus
    2. tanya:
      knp tdk boleh diotopsi?
      apakah sianid bs dimasukkan setelah org mati? sehingga tdk menyebar ke hati empedu dan urin?
      sy bangga pak otto berani membela jessica…

      Hapus
  18. Justru sangat disayangkan,seorang otto yg tadinya disegani dan kagumi soal pengetahuan hukumnya,namun dalam kasus jesica otto memperlihatkan ketololannya dengan meragukan pengetahuan dan keterangan saksi2 ahli.akhirnya masyarskat skarang sdah bisa menilai dan bahkan meragukan jugs pengetahuan hukum otto hasibuan.

    BalasHapus
  19. Bstrong pa Otto team n Jess family God bless u all...am in amin

    BalasHapus
  20. Kopi Palsu yang Berpotensi Mengandung Racun Dijual di Vietnam

    Bisnis kopi sangat besar dan menarik banyak minat di Vietnam. Karena itu ada segelintir penjual kopi di kota Ho Chi Minh yang melakukan kecurangan.
    Beberapa penjual kopi di sana menjual bahan kimia mencurigakan yang mengubah air jadi minuman bercitarasa serupa kopi. Cairan kimia ini sangat laris. Dalam laporan Than Nien News disebutkan cairan hitam itu tersedia di pasar grosir termasuk Kim Bien Market.
    Jerigen wadahnya diberi label "super mudah" dan "super menguntungkan." Tinggal menaruh beberapa tetes cairan ke air maka akan berubah jadi kopi atau sesuatu yg bercitarasa mirip kopi. Pembeli bahkan bisa memilih rasa kopi Brazil, mocha atau robusta.
    Salah satu penjual di Kim Bien, Xuan, menghargainya 380.000 dong (Rp 234.000) per liter. Menurutnya satu liter itu bisa membuat setidaknya 400 gelas kopi. Sebaliknya, satu kilogram kopi bubuk murah dengan harga 150.000 dong (Rp 92.300) hanya bisa menghasilkan 40 gelas.
    "Anda hanya perlu beberapa tetes untuk satu gelas yang sempurna. Kebanyakan coffee shop memakai cairan ini, karena memberikan aroma yang benar-benar asli dan banyak keuntungan," ujar Xuan.
    Sementara penjual di sana meyakini bahan kimia berasal dari China. Walaupun pengemasan produk dilakukan di pabrik Vietnam. "Ini semua formula China," tambah Xuan.
    Penjual lainnya menduga kimia itu beracun tapi bisa menguntungkan coffee shop. Namun mereka tidak mengungkapkan kandungannya.
    Meski tes selanjutnya terkait cairan masih tertunda, sumber dari Ho Chi Minh City Chemistry Associationmengatakan kemungkinan ada logam berat beracun dalam cairan. Seperti timbal dan merkuri yang bisa menyebabkan kanker hati dan perut bila dikonsumsi terus menerus dalam jangka panjang.
    Hai, seorang pemilik coffee shop di Tan Binh District, mengatakan ia menggunakan biji kopi asli dan sudah mendapat margin keuntungan 100 persen. Baginya hanya yang ingin mendapat keuntungan 10 kali lipat dari pengeluaran yang mau memakai kimia beracun.
    Hai sebagai pembuat kopi berpengalaman bisa mengetahui kopi dari cairan beracun karena punya aroma tajam, rasa lebih pahit dan tidak meninggalkan semburat manis di akhir. Tapi peminum kopi biasa tidak bisa membedakannya, ucap Hai.

    Sumber : http://food.detik.com/read/2016/01/03/130159/3109527/297/kopi-palsu-yang-berpotensi-mengandung-racun-dijual-di-vietnam

    BalasHapus
  21. Didalam hukum, lebih baik melepaskan 1000 org bersalah, dari pada menghukum 1 org yg tidak bersalah.

    Ane org awam hukum. Emang kalo dilihat dr bukti, saksi, dll jesika susah dikatakan tidak bersalah.

    Tp pengacara otto, membela terdakwa dengan cara yg amat luar biasa.
    Bkn krn pengacara otto tidak membela yg benar, melainkan krn pengacara otto berusaha menjaga kehormatan hukum, agar tidak salah mengambil keputusan.

    BalasHapus
  22. lawyer hanya membela hak2 terdakwa bukan membela kejahatannya

    BalasHapus
  23. Dengan tidak mengurangi rasa hormat saya sebagai orang awam yang mengikuti sidang perkara "kopi sianida" yang selalu mengerucut kepada Jessica Kumala Wongso, yang mana sampai gerak gerikpun dianalisa dan selalu dihubung hubungkan.
    Berikut pengamatan saya melalui TV: Coba analisa gerak-gerik 4 orang yang melakukan cipika-cipiki, bersalaman/bejabat tangan dibawah, berjabat tangan di atas dan melakukan gerakan merogoh laci pada 17:29:50 s/d 17:32:03,pasca mirna dibawa keluar.
    Siapa mereka dan apa kontribusi mereka?
    Sekian mudah mudahan dapat membantu menguak siapa dalang sebenarnya yang melakukan pembunuhan kepada Mirna?

    BalasHapus
  24. Sidang Jessica menarik dan menambah wawasan banyak orang.

    BalasHapus
  25. Maju terus pak Otto,,,,,,semoga sukses,,amin

    BalasHapus
  26. Maju terus pak Otto,,,,,,semoga sukses,,amin

    BalasHapus
  27. Buat bhan pertimbangan aja...saya dah lama kerja di kapal pesiar omm, untuk standar kebersihan, menuci sesuatu kita pake sistim three bucket sistem diman pada bckett terakhir di gunakan clorin utk sanitize, pengalaman saya wktu itu ada salah satu teman yang menyimpan cairan clorin di botol aprite tanpa memberikan label , intnya barangkali cafe ini jga menggunakan clorin untuk sanitizing dan secara tidak sengaja tercampur di kopi yang mirna minum, .....buat keluarga mirna, bersabarlah, sda baik nya tidak intervensi ke persidangan, kalau memang Jessica yang menaruh racun mudah2 an terungkap, tapi kalau bukan.. dan hakim memutus kan Jessica bersalah, kasian Jessica nya, dan aktor sesungguhnya masih berkeliaran tertawa di luar sana sambil nonton sidang......semoga semua pihak arif dan bijak sana, saya turut berbela sungkawa atas meninggalnya mirna, dan juga turut prihatin atas tuduhan , dan musibah yang di alami Jessica, ....yang sabar yah jessica semoga pengacara Otto H beusaha maksimal, lanjutkan pak Otto?

    BalasHapus
  28. ok bangetlah lae otto ini.
    calm. tenang.sambil senyum tapi tusukan jalan trus.analisanya ok .

    BalasHapus
  29. Apa mungkin racun tersebut bisa disimpan didalam mulut oleh orang yg ikut mencicipi kopi..dan dikeluarkan sewaktu mencicipi

    BalasHapus
  30. Apa mungkin racun tersebut bisa disimpan didalam mulut oleh orang yg ikut mencicipi kopi..dan dikeluarkan sewaktu mencicipi

    BalasHapus
  31. Otto..hasiabuan..sama hotman paris..pinter mana..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 hebat,tapi penilaian saya pak otto lebih tenang dibandingkan hotman paris

      Hapus
  32. kirain dalam dunia pengacara yg jago hanya hotman paris...ternyata masih ada otto hasibuan yang jago juga...salam hormat bang,kagum gua perdebatan anda dengan ahli2 yg didatangkan jaksa,bikin ahli pusing hehe,,kecuali ahli hukum pidana prof edy omar

    BalasHapus
  33. Pertanyaanya kenapa orang batak yang menonjol dibidang ini ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jln2 ke negri batak lae..biar dpt jwbnya.

      Hapus
    2. Kalau mau hebat berpikir belajar sama orag batak. Karena orang batak jago berpikir. BATAK = BAnyak TAktik.
      Kalau mau hebat bicara belajar sama orang padang.
      Dan Kalau mau hebat bekerja belajarlah sama orang jawa.

      Hapus
  34. Salut saya sama kehebatan Pak Otto Hasibuan, Lawyer hebat dan profesional.. pokonya top dah.

    BalasHapus
  35. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  36. Saya mengikuti terus sidang Jessica ini di USA America melihat bahwa Otto memiliki otak yg jenius melampaui Hakim, Jaksa, saksi2 dan saksi ahli manapun, memiliki the truth dlm hati dan pikirannya, hero dlm peradilan in i juga Indonesia keseluruhan. Tanpa Otto, peradilan Indonesia bisa ambruk nilai keputusannya pada setiap kasus apapun terjadi dikemudian hari. Otto memiliki hati yg tenang tapi pikirannya seperti pedang. Ini semula dikarenakan dia memiliki kebenaran yg dimiliki atau diajarkan Jesus Kristus. Menurut saya, banyak kelemahan berpikir dalam masyarakat Indonesia, di kepolisian, di orang orang pembawa berita TV. Pemikiran mereka ini sangat rendah melihat kasus Jessica. Saya melihat sejak Januari 2016 bhw Jessica adalah bukan pembunuh Mirna. Kalau di USA, kasus ini tdk bisa disidangkan krn tdk ada bukti cukup. Polisi mungkin disuap jutaan rp shg membabi buta P21 kasus ini.
    Otopsi tdk dilakukan, warna kopi jadi coklat bukan kuning, motif dendam tdk terbukti, saksi2 tdk terbukti, saksi ahli banyak yg mengarang dan tdk jujur, dll sebagai bukti kuat bhw Jessica hrs dibebaskan dan sidang dibubarkan. Ini akan menunjukkan Peradilan Indonesia bagus dan adil.
    Kedua, Hakim harus menolak dua saksi ahli yg terlibat sbg penyidik bersama polisi. Kedua ahli ini berpihak jelas pada penyidik. Saya melihat hakim
    tdk pintar dan nampaknya tdk menguasai sidang atau tdk mempunyai pengetahuan yg cukup terhadap boleh tdknya ahli ditampilkan.

    BalasHapus
  37. Saya mengikuti terus sidang Jessica ini di USA America melihat bahwa Otto memiliki otak yg jenius melampaui Hakim, Jaksa, saksi2 dan saksi ahli manapun, memiliki the truth dlm hati dan pikirannya, hero dlm peradilan in i juga Indonesia keseluruhan. Tanpa Otto, peradilan Indonesia bisa ambruk nilai keputusannya pada setiap kasus apapun terjadi dikemudian hari. Otto memiliki hati yg tenang tapi pikirannya seperti pedang. Ini semula dikarenakan dia memiliki kebenaran yg dimiliki atau diajarkan Jesus Kristus. Menurut saya, banyak kelemahan berpikir dalam masyarakat Indonesia, di kepolisian, di orang orang pembawa berita TV. Pemikiran mereka ini sangat rendah melihat kasus Jessica. Saya melihat sejak Januari 2016 bhw Jessica adalah bukan pembunuh Mirna. Kalau di USA, kasus ini tdk bisa disidangkan krn tdk ada bukti cukup. Polisi mungkin disuap jutaan rp shg membabi buta P21 kasus ini.
    Otopsi tdk dilakukan, warna kopi jadi coklat bukan kuning, motif dendam tdk terbukti, saksi2 tdk terbukti, saksi ahli banyak yg mengarang dan tdk jujur, dll sebagai bukti kuat bhw Jessica hrs dibebaskan dan sidang dibubarkan. Ini akan menunjukkan Peradilan Indonesia bagus dan adil.
    Kedua, Hakim harus menolak dua saksi ahli yg terlibat sbg penyidik bersama polisi. Kedua ahli ini berpihak jelas pada penyidik. Saya melihat hakim
    tdk pintar dan nampaknya tdk menguasai sidang atau tdk mempunyai pengetahuan yg cukup terhadap boleh tdknya ahli ditampilkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. koplak bodoh amat lu subaru...cocok nya lu ngak gabung disini,..coment lu sampah semua...

      Hapus
  38. Dr. Otto tidak membalas Edi Salihin, ayah Mirna, yang merendahkannya, banyak bercerita bohong di publik, menyerang org dgn kebodohan dan tdk beralasan tepat, bersaksi palsu, dan sbgnya. Di USA, ucapannya yg menuduh atau melecehkan org lain bisa diclaim utk dibawa kepersidangkan seperti Edi Salihin ini.
    Mirna sudah di surga bersama Yesus, tapi seharusnya Edi tdk berbuat dosa dgn berbohong

    BalasHapus
    Balasan
    1. biarin aja boss edi salihinya mau berbuat apa terserah dia,maaf kan dia sebab dia tidak tahu apa yg dia perbuat.

      Hapus
    2. biarin aja boss edi salihinya mau berbuat apa terserah dia,maaf kan dia sebab dia tidak tahu apa yg dia perbuat.

      Hapus
  39. maju terus pak otto saya yakin jessica tidak bersalah.. tolong bantu jessica agar bs cepat bebas dari penjara. untuk keluarga salihin jd org jangan sok jgn mentang berduit semua org disogok, jgn2 jaksa saksi2 dari jaksa jd di sogok y. tp keadilan selalu menang .. edy salihin bersiap2 lah utk kalah y. pak otto tak terkalahkan kan

    BalasHapus
  40. Sukses Bang Otto, ini terobosan yg sangat menakjubkan, dari awal sy berpendapat bahwa abang mau jd Penasehat hukum Jessica kumala wongso bukanlah utk mencari popularitas, tapi ada sebuah perjuangan untuk profesionalisme dan peroses hukum yg objektif demi Supremasi hukum di NKRI yang kita cintai ini, dengan kehadiran saksi ahli dari Australia lebih memberikan pengalaman berharga bagi penegak hukum di Indonesia utk lebih profesional, Maju terus bang otto demi sebuah keadilan....,GBU

    BalasHapus
  41. Saya sangat apresiasi dengan upaya abang, Untuk itu saya ingin menyampaikan masukan ada seorang ahli yg saya minta untuk menganalisa kasus ini dan mampu membuktikan dengan "BIOASSAY TEST", tks Nelson Sihotang (0812 1320 7347)

    BalasHapus
  42. Saya sangat apresiasi dengan upaya abang, Untuk itu saya ingin menyampaikan masukan ada seorang ahli yg saya minta untuk menganalisa kasus ini dan mampu membuktikan dengan "BIOASSAY TEST", tks Nelson Sihotang (0812 1320 7347)

    BalasHapus
  43. Sukses Bang Otto, ini terobosan yg sangat menakjubkan, dari awal sy berpendapat bahwa abang mau jd Penasehat hukum Jessica kumala wongso bukanlah utk mencari popularitas, tapi ada sebuah perjuangan untuk profesionalisme dan peroses hukum yg objektif demi Supremasi hukum di NKRI yang kita cintai ini, dengan kehadiran saksi ahli dari Australia lebih memberikan pengalaman berharga bagi penegak hukum di Indonesia utk lebih profesional, Maju terus bang otto demi sebuah keadilan....,GBU

    BalasHapus
  44. Salut pak Otto, saya bangga jadi orang medan, walau saya bukan orang batak tapi saya bangga lihat cara pak otto berprofesi khusunya menangani kasus jessica ini, tidak seperti lawyer kebanyakan, suka ngotot, mau menang sendiri, suka motong omongan orang tapi pak otto tidak.

    Tetap tegakkan kebenaran pak Otto !!!!

    BalasHapus
  45. Good job mr Otto .. LOWYER TOP (y)

    BalasHapus
  46. hi semua I dah jumpa satu fakta kematian sianida dan reaksi apabila org yg diracuni oleh sianida.video ni berlaku di US pada tahun 2012 dari cctv makamah apabila dari seorang terdakwa telah pil cyanide utk bunuh diri. tengok video ni sampai hujung sianida kick in akan bgt sengsara kerna tiada oksigen. https://www.youtube.com/watch?v=56eSt5ufFi0

    BalasHapus
  47. Dalam sidang kelihatan selalu memojokan seseorang bahkan mati2an, padahal mungkin juga kematian bukan dari kopi , mungkin ada hal lain Alm sebelum tiba di cafe makan sesuatu atau mampir atau bahkan dirumahnya sehingga point terjadi di cafe, hanya Allah yang Maha mengetahuiNya. dan waktu kematian sesorang Allah yang mengaturNya. untuk di camkan. salut buat pak Otto dan Hakim untuk mengungkapkan semua peristiwa walau rumit sepertinya.

    BalasHapus
  48. Jelas Mirna Salihin itu minum kopi dan spontanitas kebas2, bilang "awful" trus mati!!
    Itu jelas kopi bermasalah dari apa yg Mirna Salihin bilang dan bahasa tubuh nyaaaa!!!

    BalasHapus
  49. Kematian bukan krn Sianida dari hasil dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. La terus mati karena apa paklek? Mungkin meninggal karena soda ya.. bukan sianida tapi soda.. ya soda api👎👎👎

      Hapus
    2. La terus mati karena apa paklek? Mungkin meninggal karena soda ya.. bukan sianida tapi soda.. ya soda api👎👎👎

      Hapus
    3. cobak ,amu minum bekas yg tersisa di gelas itu....

      Hapus
  50. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  51. Saya nonton dari USA melihat bhw Hakim Binsar terlalu memaksakan keinginannya terhadap Dr. Djaja yg telah dgn jelas sekali bhw tdk ada Sianida dari hasil yg menyatakan negatip di hati Mirna. Saya melihat hakim Binsar mempunyai sangat rendah pengetahuannya dan juga rendah daya pikirnya utk dapat menangkap pikiran Dr.Djaja. Seharusnya dia diganti dgn hakim lain yg lebih pintar. Ini penting sekali terhadap keputusan akhir dari hakim nantinya. Seperti org bodoh mengikuti ujian dan kemungkinan besar dia bisa gagal ujiannya krn kebodohannya. Demikian juga pada hakim Binsar yg memaksakan kesalahan utk dipaksakan benar.
    Juga ada beberapa jaksa yg bodoh dan membentak saksi ahli krn kebencian n kebodohannya yg terlihat. Mereka tdk menanya utk memdukung hasil dakwaannya tapi sebaliknya benci dan marah.
    Saya adalah insinyur lulusan Atmajaya dan master dari US juga org awam dapat melihat dgn mudah apa yg ada semuanya dipikiran Dr. Djaja tapi hakim Binsar dan jaksa jaksa sangat kesulitan utk mengerti maksud Dr. Djaja. Dokter forensik hanya melihat tubuh jenasah dan memeriksanya utk menentukan sebab sebab kematian, dan tdk akan mempertimbangkan lain lain selain tanda-tanda luar dan dalam dari mayat utk hasil akhir.
    Harap ini bisa dimengerti dgn mudah!!!!!!!!
    Saya juga melihat kasus pembunuhan ini seharusnya tdk ada tapi diada-adakan krn kebodohan. Kesalahan tdk diotopsi adalah kegagalan utk mendapatkan keadilan kasus Mirna ini. Satu kegagalan tapi jangan membawa atau mencoret muka org Indo dimata dunia. Kasus ini harus ditutup segera krn banyak negara lain melihat. Jika tdk maka kebodohan dan kekerasan hati, stubburn seluruh org Indonesia dilihat jelas org banyak didunia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Iyaa iyaa mbak yang di US, btw yang bener stubborn mbak bukan stubburn.

      Hapus
    3. Kalau saya lulusan TK al-Iman dan belom master mbak.Masih galau mau ambil master apa engga, jaman sekarang sekolah tinggi cuman buat bragging dan gengsi aja, jadi males mbak.

      Hapus
    4. Pancen sampean keminter bulek! Nang USA kerjo dadi tukang pijet Yo?!

      Hapus
    5. Saya setuju...saya rasa memang tidak ada sianida,luar biasa penjelasan dr djaja2.. jadi mirna meninggal karna apa?, jesica yang tau.

      Hapus
  52. Maju terus pak Otto..!!
    saya sebagai orang awam yang sama sekali tidak ada latar belakang hukum, dengan selalu menyaksikan siaran langsung persidangan, dapat merasakan betapa lemahnya sebetulnya pembuktian siapa sebetulnya yang bersalah. Bahkan kematian korban disebabkan karena apa juga tidak jelas. Saksi-saksi ahli yang ditampilkan oleh JPU juga sangat berpihak dan tidak menunjukkan keahliannya. Beberapa saksi ahli JPU bahkan sebetulnya bisa dikatakan mempermalukan diri sendiri.
    Untuk dua orang saksi ahli yang sudah ditampilkan pihak pak Otto, amat sangat kelihatan profesional dengan keahliannya dan tetap bersikap netral. Dan terutama adahal mereka sangat YAKIN dengan pendapat mereka sesuai bidang keahliannya. Penjelasannyapun bisa diterima logika walaupun saya orang awam juga dalam hal kedokteran. Dan merekapun juga nampak mau berdiskusi mencari kebenaran. Sayangnya justru diserang oleh JPU dengan cara konyol dan sangat tidak elegan.
    Sepertinya hanya itu cara yang bisa dilakukan pihak JPU. Bukan diskusi kritis mencari dan membuktikan fakta kebenaran, tapi mencari kemenangan untuk pihak mereka.
    Semoga pak Otto juga membekali para saksi selanjutnya dengan modal mental. Karena serangan mereka hari ini pasti juga dengan cara konyol..
    Miris melihat anggota JPU (meskipun tidak semua) dengan cara-cara dan sikap mereka... :(
    Hormat saya untuk pak Otto beserta teamnya..

    BalasHapus
  53. Orang Batak menguasai bidang hukum Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. emangnya hanya orang batak aja yg bisa ...

      Hapus
    2. Gak gtu jga x. Dasarnya adalah dpt mencerna n menyelaraskan hal2 mana yg wajar n gak wajar dlm perkara. Hbs mkn jengkol, mulut psti bau jengkol boss.

      Hapus
  54. saya orang awam.. sy hanya kasih pemasukan.. knp dlm perkara ini.. hanya jesica yg mjd tersangka..? dan knp yg diperdebatkan mirna mati setelah minum kopi. ? sy hanya bertanya sebelum datang ke cafe dan minum kopi. mirna minum / makan apa dan dng siapa dan diantar siapa..?knp itu jg gak dibuktikan.. ini praduga sy sbg org awam.. jng2 mirna datang ke cafe dan minun kopi sudah teracuni sblm datang ke cafe tsb. filosofi "belum tentu orang terdekat jujur lho" misal klu org terdekAt itu suaminya.. siapa yg tau dlm mobil korban diracuni oleh org terdekat tsb. atau jng2 mirna terkeba penyakit asam lambung..????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah jelas kopi yg diminum itu beracun ngerti ora son?!

      Hapus
    2. Saudara apa melihat sendiri kalau kopi itu ada yg masukkan racun..?

      Hapus
    3. Macam kau pula yg tau. Tenang ajalah kau boss. Kukirimpun obat tumbuh rambut kau..

      Hapus
    4. Atau mau kukirim cyanida aja..

      Hapus
    5. Asuransi Mirna jackpot kayanya..

      Hapus
  55. Pada awal proses penyidikan saya pernah mengutarakan pendapat : “Ada kemungkinan korban meninggal karena restriction of 2 or more food substances yang maksudnya adalah larangan memakan/meminum 2 atau lebih bahan makanan/minuman dalam waktu bersamaan atau berdekatan pada suatu forum komentar di internet yang lupa alamatnya.
    Dari komentar saya tersebut langsung ada yang merespon secara kilat dengan nada tinggi, “ini barang buktinya sudah jelas Sianida bro....nggak ada yang lain”
    Kemudian setelah mengikuti persidangan Jessica yang begitu panjang terungkap bahwa korban Mirna hanya makan apel (pagi hari), kopi starbuck (jam 3 sore) dan sedikit kopi vietnam.
    Apel merupakan buah yang secara alami banyak mengandung sianida, sedangkan Mirna tidak mengkonsumsi nasi atau karbohidrat yang lain yang bersifat bisa mengabsorbsi atau mengencerkan konsentrasi kafein maupun sianida dari apel.
    Dengan demikian ada kemungkinan Mirna meninggal karena keracunan kafein dan sianida dari apel atau hanya over dosis kafein saja, karena bukti visum lambung dan lain lain tidak ditemukan sianida.
    Kopi yang diminum Mirna juga tidak mengandung sianida yang selama ini menjadi dugaan kuat.
    Nah, darimana sianida 15 gr/liter itu datang?? Ada invisible hand yang sengaja menambahkan sianida pasca korban Mirna dibawa keluar Cafe, mengingat tidak ada yang mengawal secara ketat gelas kopi sisa yang diminum korban. Berita acara penyitaan kopi sisa ini yang selanjutnya dijadikan sebagai barang bukti juga tidak ada. Bahkan ada kejanggalan bila kedua barang bukti tsb disatukan kembali ke dalam gelas,maka kopi tsb akan tumpah. Dari mana ada penambahan volume??? Siapa yang sengaja menambahkan??
    Hal itulah yang membuat kacau kandungan sianida antara bukti sisa kopi dan hasil visum.
    Untuk itu coba amati sekali lagi gerak-gerik 4 orang yang melakukan cipika-cipiki, bersalaman/bejabat tangan dibawah, berjabat tangan di atas dan melakukan gerakan merogoh laci pada 17:29:50 s/d 17:32:03,pasca mirna dibawa keluar.
    Siapa mereka dan apa kontribusi mereka?
    Sekian mudah mudahan dapat membantu menguak siapa dalang sebenarnya yang melakukan pembunuhan kepada Mirna

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jls nya mungkin tggu ada ops terselubung dr pihak asuransi utk mmbuktikan kpastian siapa yg dikubur. Baru bom waktu meledak.

      Hapus
  56. sayang sekali di persidangan kmrin waktu pak otto mendatangkan ahli it,pak otto tidak mencecar agar pihak jpu menayangkan rekaman di DVR scara langsung,padahal itu senjata yang sangat ampuh untu melumpuhkan jpu dan saksinya.dan pihak jpu dan ahlinya sebenarnya sedang berbohong/berdalih mengatakan dvr terpassword,jika pak otto terus mencecar DVR itu dan menyuruh jpu membuka passwordnya dipastikan pihak ahli jpu tidak akan atau beralasan yang lain lagi.untuk pak otto mohon kiranya masukan saya dipertimbangkan agar DVR ditayangkan secara keseluruhan agar publik bisa membedakan dengan yang di flashdisk si ahli jpu m nur,maka akan trlihat hasil rekayasa dan editannya dimana saja.rekaman dari flashdisk tidak ada menampilkan jessica meminum cocktail pdhal jessica meminum cocktail 2 gelas,dan tidak ada rekaman cctv dari flashdisk saat jessica melakukan pembicaraan telpon menggunakan hp pdhal pengunjung lain yaitu direktur kia bilang dia mengetahui jessica sedang bertelpon.mohon pak otto untuk mencecar bukti cctv itu krna itu termasuk bukti yang sangat kuat,terima kasih

    BalasHapus
  57. Komentar2 kalian keminter Kabeh melebihi saksi ahli yg dihadirkan di persidangan.biarlah yang mulia majelis hakim yg memutuskan! Karena beliau punya hak untuk mengadili perkara sebagai kepanjangan tangan Tuhan. ALLAH MAHA MELIHAT & MAHA ADIL...

    BalasHapus
  58. Komentar2 kalian keminter Kabeh melebihi penasehat hukum dan saksi2 ahli yg dihadirkan di persidangan. Biarlah yang mulia majelis hakim yang memutuskan perkara ini,karena beliau punya hak untuk mengadili sebagai kepanjangan tangan Tuhan. ALLAH MAHA MELIHAT & MAHA ADIL.

    BalasHapus
  59. Komentar2 kalian keminter Kabeh melebihi penasehat hukum dan saksi2 ahli yg dihadirkan di persidangan. Biarlah yang mulia majelis hakim yang memutuskan perkara ini,karena beliau punya hak untuk mengadili sebagai kepanjangan tangan Tuhan. ALLAH MAHA MELIHAT & MAHA ADIL.

    BalasHapus
  60. semangat terus pak otto hasibuan..

    Salam alumni sma negeri 1 pematang siantar 2008

    BalasHapus
  61. Aku senang kalee Tulang dalam perjalanan sidang Jessica malah Orang Batak yang santun dengan Saksi Ahli daripada JPU Jawa Pingin Ulet tapi mau menang tak punya sopan santun mungkin bagi JPU yang tak moneynya tempramen lebih tinggi memaluka ditonton 4 stasiun TV.....Publik menilai arogan JPU salah satu dari pernah bilang dan bangga saya ini jaksa penuntut Umum.....maju terus Tulang Allah akan merestui....

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamu sok tau aja ...semua saksi dr pengacara itu semuanya dari nyogok / saksi beli ..doolllllll...

      Hapus
    2. Batu aja harus dibeli boss..sok tau lu..

      Hapus
    3. Gak usah bawa2 suku boss. Itu tidak bisa dijadikan patokan.

      Hapus
  62. Pertama kali...salam hormat kpd smua dan juga bpa otto. Sya sbagai pengamat dri luar negara(kes ini byk di tonton dluar negara) amat tertarik dgn kes jessica ini. Hujah2 yg dsampaikn dri saksi ahli dri Jpu adalah diragukan(bukan bermaksud tidak benar), dan stakat ini dpt di patahkn olih hujah2 dri saksi ahli dri kuasa hukum.
    Tanpa mengurangkn rasa simpati dan hormat kpd keluarga korban...tp bgi pendapat peribadi setakat ini blum ada titik terang malah semakin kabur. Walau dlm mncari kbenaran siapa pmbunuh sebenar tp adalh kluar dri norma2 peradilan utk memaksakn tuduhan jika bukti2 tidak mncukupi. Tapi walau bagaimna pun kputusan hakim adalh final dan harus di hormati. Sebagai usulan mungkin pihak hakim bolih mminta pendapat ahli independen dri luar negara dan juga mnganalisis bukti di luar negara.
    Semoga kes dpt diselesaikn dgn cepat dan adil. Buat pak otto dan team...maju terus.
    Salam hormat buat semua

    BalasHapus
  63. sebenarnya kamu hanya mencari hasil duniawi...penghasilanmu kamu dapat dr hasil kebohongan aja ...otto mulutmu berbau bangkai aja..

    BalasHapus
  64. Jaksanya bertanyanya kayak orang bodoh.. kelihatan dulu jadi jaksanya pakai uang alias bayar.. apalagi yg rambutnya cepak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ampuni mereka bro. Mungkin itu yg diberikan ortu nya dulu. Baginya yg penting anaknya pnya masa depan. Ckckckck...

      Hapus
  65. klo pun anda jd PNS mungkin sama jg pakai uang sogok an...

    BalasHapus
  66. ketika berkomentar sindang di kasus jesica, saya ingin berkomentar tentang Hakim yg di sebelah kiri yg terkesan ngomongnya sangat tidak elok untuk menjadi asumsi publik. dia selalu menyudutkan jesica, padahal di indonesia ada asas praduga tidak bersalah sekalipun jesika sudah menjadi terdakwa. kalo bisa hakim itu berbicara lebih sopan agar dapat menjadi tontonan asumsi publik

    BalasHapus
  67. Pengarang tidak fair, telah menghapus beberapa komnetar di sini & membiarakan yg lain. Itulah kehebatan Pak Otto

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar..bkn komnetar pak.gelar SE kok bgtu. Hihihi..

      Hapus
  68. Bingung lihat persidangan di negara kita. Salah satunya tentang kesimpulan ahli psikologi dr pihak JPU. Paper bag di meja, closs bill, main gadget saat menunggu, pesan minum teman duluan disimpulkan sebagai kegiatan yg memberatkan jessica. Psikolog JPU mmg bnr2 keterlaluan. Ini sangat relatif!! Kl begitu logika berpikir psikolog sangat berbahaya. Bisa2 setiap orang yang pergi casino sudah pasti berjudi dan setiap orang yang ke discotik sudah pasti minum bir dan konsumi obat terlarang. Padahal belum tentu!! Saya sendiri pernah ke casino tp tidak berjudi dan saya lihat banyak jg yg seperti saya yg hanya ingin lihat2. Dan saya jg pernah ke discotik tp tdk munum bir dan obat2an. Bolehkan kl ke discotik hanya untuk enjoy musik? Nah, ini kl ketemu psikolog dr pihak JPU, saya pasti akan disimpulakan sebagai pejudi dan peminum. Sangat berbahaya psikolog dr JPU..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ojo bingung bro... Ini sangat menarik,orang awam aja ngerti Mirna mati karena diracun.. pakailah hati nuranimu jgn menilai sepotong2 ikutilah alurnya!

      Hapus
    2. Ojo bingung bro... Ini sangat menarik,orang awam aja ngerti Mirna mati karena diracun.. pakailah hati nuranimu jgn menilai sepotong2 ikutilah alurnya!

      Hapus
    3. Alur opo le ? Alur laut opo alur alur ?

      Hapus
  69. Bingung lihat persidangan di negara kita. Salah satunya tentang kesimpulan ahli psikologi dr pihak JPU. Paper bag di meja, closs bill, main gadget saat menunggu, pesan minum teman duluan disimpulkan sebagai kegiatan yg memberatkan jessica. Psikolog JPU mmg bnr2 keterlaluan. Ini sangat relatif!! Kl begitu logika berpikir psikolog sangat berbahaya. Bisa2 setiap orang yang pergi casino sudah pasti berjudi dan setiap orang yang ke discotik sudah pasti minum bir dan konsumi obat terlarang. Padahal belum tentu!! Saya sendiri pernah ke casino tp tidak berjudi dan saya lihat banyak jg yg seperti saya yg hanya ingin lihat2. Dan saya jg pernah ke discotik tp tdk munum bir dan obat2an. Bolehkan kl ke discotik hanya untuk enjoy musik? Nah, ini kl ketemu psikolog dr pihak JPU, saya pasti akan disimpulakan sebagai pejudi dan peminum. Sangat berbahaya psikolog dr JPU..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Apa kata dunia ??!!..tenang bro..ntar juga mereka gue marahin trus gue mutasi.

      Hapus
  70. Semangat ttp bang otto....abang jgn khawatir....Tuhan pasti datang untuk membantu abang..
    Abang harus ttp yakin kalau kekuatan manusia tidak akan bisa mengalahkan kehendak TUHAN...jgn lelah untuk mencari kebenaran bang....walau abang di kroyok oleh mereka mereka yang merasa hebat.tp abang harus ttp ingat...berjalan di jalan Tuhan adalah hal yang terbaik.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ingat itu tulang Hasibuan.. kasih adalah yg terkuat dri sgala bentuk n jenis kekuatan Itu sebabnya Tuhan slalu mengajarkan kasih pd kita.

      Hapus
  71. Role model lawyer Indonesia berkualitas. Salam, Pak Otto.

    BalasHapus
  72. Di page Bapak Otto Hasibuan yang terhormat ini, perlu di sediakan Baygon Aerosol untuk menyemprot yang postingannya membuktikan kecoak-kecoak peliharaan bergaji bulanan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabar non. Pak Jokowi sdg teliti cara yg efisien tuk menyeprotnya hingga ke induk2 kecoa nya.

      Hapus
  73. Satu kata buat Bapak Otto Hasibuan, Kamu orang yang diberkati Tuhan pak. Semoga bapak dan keluarga sehat selalu dan dilindungi oleh Tuhan Allah yang maha Baik. Satu yang perlu saya sampaikan agar bapak bisa mendidik jaksa2 muda yang ada di kasus Kopi maut itu biar mulut2nya lebih cakep kalau bicara. Salam sukses buat Amang Otto Hasibuan ya. Gbu

    BalasHapus
  74. Kepada yth bp. Otto Hasibuan
    Terkait kasus jesica Wongso, Kami Bangga atas Usaha keras anda untuk
    membela dalam kasus ini, karena :
    1. Merupakan Pelajaran Bagi Kepolisian agar melakukan Proses
    Penyidikan, sesuai procedure yang ditetapkan UU
    2. Mendidik Masyarakat, bila kita tidak perduli dengan Cara kerja
    Penyidik yang tidak benar, karena kita tidak berkepentingn secara
    langsung, Maka suatu saat kita akan menyesalinya bila itu terjadi
    pada kita
    akibatnya (bila itu menimpa
    3. Untuk Hakim, Bila tidak menemukan bukti yang meyakinkan, untuk
    tidak menghukum terdakwa, karena secara etika, pepatah menyatakan
    lebih baik keliru membebaskan 1000orang yg bersalah drpd
    menghukum 1 orang yg tidak bersalah ( menurut agama ajaran untuk
    membiasakan memaafkan orang bersalah drpd menghukumnya)

    Salam Sukses dan sejahtera selalu, untuk BP. otto Hasibuan, beserta keluarga dan Rekan

    BalasHapus
  75. Kepada yth bp. Otto Hasibuan
    Terkait kasus jesica Wongso, Kami Bangga atas Usaha keras anda untuk
    membela dalam kasus ini, karena :
    1. Merupakan Pelajaran Bagi Kepolisian agar melakukan Proses
    Penyidikan, sesuai procedure yang ditetapkan UU
    2. Mendidik Masyarakat, bila kita tidak perduli dengan Cara kerja
    Penyidik yang tidak benar, karena kita tidak berkepentingn secara
    langsung, Maka suatu saat kita akan menyesalinya bila itu terjadi
    pada kita
    akibatnya (bila itu menimpa
    3. Untuk Hakim, Bila tidak menemukan bukti yang meyakinkan, untuk
    tidak menghukum terdakwa, karena secara etika, pepatah menyatakan
    lebih baik keliru membebaskan 1000orang yg bersalah drpd
    menghukum 1 orang yg tidak bersalah ( menurut agama ajaran untuk
    membiasakan memaafkan orang bersalah drpd menghukumnya)

    Salam Sukses dan sejahtera selalu, untuk BP. otto Hasibuan, beserta keluarga dan Rekan

    BalasHapus
  76. Merdeka..merdeka.. semua orang coba lihat dengan seksama dan teliti.. rekaman CCTV ITU SUDAH REKAYASA.. MAU BUKTI CEK DAN CEK ANTARA TANGGAL. JAM MENIT DAN DETIK WARNANYA BERBEDA.. TIDAK ADA DALAM CCTV ATAUPUN REKAMAN YG SATU ALAT WARNYA BISA BERBEDA.. DISANA DI TGL JAM MENIT DETIK WARNANYA BERUBAH DAN ADA 2 WARNA PUTIH DAN HITAM... PAK OTTO DAN REKAN DAN JPU DAN PAK HAKIM LIHAT CCTV YG ADA REKAYASA

    BalasHapus
  77. Merdeka..merdeka.. semua orang coba lihat dengan seksama dan teliti.. rekaman CCTV ITU SUDAH REKAYASA.. MAU BUKTI CEK DAN CEK ANTARA TANGGAL. JAM MENIT DAN DETIK WARNANYA BERBEDA.. TIDAK ADA DALAM CCTV ATAUPUN REKAMAN YG SATU ALAT WARNYA BISA BERBEDA.. DISANA DI TGL JAM MENIT DETIK WARNANYA BERUBAH DAN ADA 2 WARNA PUTIH DAN HITAM... PAK OTTO DAN REKAN DAN JPU DAN PAK HAKIM LIHAT CCTV YG ADA REKAYASA.. semua baik yg pro dan kontra... coba lihat CCTV DI TGL JAM MENIT DETIK WARNANYA BERBEDA ADA PUTIH DAN HITAM.. DALAM SATU CCTV / SATU REKAMAN WARNA DI TGL JAM MENIT DETIK SEHARUSNYA TIDAK BOLEH BERBEDA
    .. KALAU BERBEDA APA ARTINYA......?????

    BalasHapus
  78. Merdeka..merdeka.. semua orang coba lihat dengan seksama dan teliti.. rekaman CCTV ITU SUDAH REKAYASA.. MAU BUKTI CEK DAN CEK ANTARA TANGGAL. JAM MENIT DAN DETIK WARNANYA BERBEDA.. TIDAK ADA DALAM CCTV ATAUPUN REKAMAN YG SATU ALAT WARNYA BISA BERBEDA.. DISANA DI TGL JAM MENIT DETIK WARNANYA BERUBAH DAN ADA 2 WARNA PUTIH DAN HITAM... PAK OTTO DAN REKAN DAN JPU DAN PAK HAKIM LIHAT CCTV YG ADA REKAYASA.. kalau tidak percaya sederhana aja nyalakan camera hp atau video record.. nampakkan waktu jam dll ada gak warnanya berbeda dalam satu waktu... secanggih apapun merk kalau mslh waktu tdk ada 2 warna.. disini ada 2 warna hitam dan putih.. cek cek cek cek cek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga nyangka aja klu trnyata tak semudah n semulus yg biasanya.

      Hapus
  79. Pak otto sy mengikuti pembelaan anda
    1..sy mau tanya apakah tim lawyer bpk sdh periksa tiket keberangkatan polisi ke australia apakah di biayain oleh negara kalau ya apa ada dokumenx atau ada yg seponsorin

    BalasHapus
  80. lanjutkan pak oto
    gak usah pada komen berbelit2
    udah jelas dri cara memberi pertanyaan dan expresi emosionalnya dari pihak JPU bertujuan hanya untuk MENJATUHKAN TERDAKWA..
    bukan mencari fakta/kebenaranya..
    benarpun akan dianggap salah oleh pihak JPU karena mereka menjalankan tugasny dan akan menggali terus hal2 yg tidak logis untuk dijadikan persoalan..

    PERTANYAAN TIDAK LOGIS TP MINTA JAWABAN YANG LOGIS
    menurut saya itu hal konyol.

    seandainya terdakwa pada akhirnya dinyatakan bersalah menurut saya bukan hal yang aneh didalam peradilan di indonesia bukan keadilan yg ditegakan tetapi GENGSI yg diperjuangkan.!!!

    BalasHapus
  81. pak otto,ternyata ada bukti cctv mirna mengambil sedotan dan mengaduk kopi.di cctv trlihat jelas mirna ambil sedotan dan kopi masih utuh(susu masih dibawah blum teraduk)dan mirna sendri yg mengaduk kopi.bukti ada dilampirkan di kaskus diskusi sidang jessica wongso part 9.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nnton nya jgn kyk nnton film atau sinetron boss, perhatikan bagian2 yg mungkin ada tpi spt tak mnarik, pdhl justru itu sesuatu yg lebih perlu diawasi boss. Trm ksh.

      Hapus
    2. Ada perkiraan/pemikiran saya bahwa sianida ada yang menjadi gas ketika kopi tsb diaduk dan terhirup korban lebih dahulu ke paru-paru.Dan yang akan sedot/diminum mirna tidaklah banyak karena sudah dirasakan tidak enak (Ucapan korban kepada Jessica) jadi tidak sampai satu kali sedotan. Itulah sebabnya di lambung korban negatif sianida (sesuai BB IV). Jika korban sendiri yang telah mengaduk kopi tsb berarti sianida itu ada di dalam Pipet/sedotan. Siapa yang meletakkan di dalam sedotan ?

      Hapus
  82. Percayalah pada bpk otto hasibuan dia adalah satu-satunya lowyer terbaik indonesia gbu bpk otto hasibuan

    BalasHapus
  83. semoga sukses selalu bapak otto hasibuan 

    BalasHapus
  84. Baru2 ini di kota makassar ada seorang anak muda yang meninggal persis dengan kasus Mirna..
    Belakangan di ketahui almarhum mengalami sakit gigi dan meminum obat bernama ponstan hingga 3 butir lalu kemudian dia meminum kopi di sebuah kafe alhasil mulut nya berbusa dan di larikan ke rumah skit namun tak dapat tertolong lagi..semoga bisa jadi referensi berguna untuk pak otto di kasus jessica

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju buanget..go go go pak Otto...be the real best lawyer.

      Hapus
  85. apa bila anda punya saudara atau teman atau anak2 anda nanti mau jadi JPU? jdilah penengak hukum yg benar ya?jgn kayak JPU disidang jessica yg benar2 tdk ahli dan profesional menjalankan tugas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ala bisa krn biasa. Mereka ga biasa kerja keras boss..biarin aja sih, ntar juga malu ndiri.

      Hapus
  86. Keadilan Tuhan semoga bersemayam di hati Hakim. Insyaallah, anda benar Bung Otto. GBU.

    BalasHapus
  87. saya menyaksikan di youtube perkara jessica .
    saya punya pertanyaan :
    1.apakah mirna selama hidupnya pernah membeli asuransi jiwa di indonesia atau luar negri dan berapa harga asuransi jiwa yang bisa di dapat oleh alih waris setelah mirna meninggal dunia?
    2.siapakah alih warisnya setelah mirna meninggal dunia.
    kedua pertanyaan ini sangat sederhana,bagi saudara2 yang mengerti atas pertanyaaan ini akan paham apa arti dari pertanyaan ini.terima kasihh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tak ada badai tak ada ombak, kapal pun tak bocor..tapi tenggelam. Sengaja ajah..biar bisa claim asuransi. Itu dulu bray..jurus2 n strategi itu kagak bisa lagi skrg. Pak Otto udah ngerti makanya dia perang gerilya. Kasihan..jasad yg diobok2 lambung n lain2 pada organ tubuhnya. Siapalah itu ??? Yang nabur angin pasti nuai badai kok..

      Hapus
  88. Yth kepada Bapak Otto...
    Walaupun saya tidak kenal dengan Bapak dan Kak Jessica, saya selaku Warga Indonesia, dan walaupun saya tidak mengerti hukum dan saya hanya mengerti #FAKTA sesuai yang saya lihat dan saya dengar dari sidang awal sampai sekarang, keterangan dari #JPU maupun dari #Bapak_DermawanSalihin tidak masuk diakal dan logika saya. Bisa-bisanya memfonis seseorang (Jessica) dengan hukuman 20thn penjara. Katanya seorang #JPU itu orang #Pintar!!! Masa menuntut seseorang tanpa #Fakta!! #JPU macam apa itu!!!
    Kakak Jessica saya seorang muslim mendoakan kakak selalu bebas dari #Hukuman walaupun saya hanya seorang awam dan hanya mendengar dan melihat kakak di TV saya doakan kakak semoga cepat dibebaskan dan sehat selalu serta tabah dan diberikan kekuatan iman, sayaa #YAKIN kalau Kakak #Tidak_Bersalah
    #Demi_ALLAH saya yakin kakak #Pasti_Tidak_Bersalah
    Biarlah #Tuhan yang membalas orang-orang yang telah menzolimi kakak
    Dan kpd Bapak Otto #Majuterus_Pantangmundur #Bela terus kakak Jessica yang telah dizolimi oleh #Keluarga_DermawanSalihin serta #JPU dan yang lainnya Yang tidak punya hati nurani menuduh Ka Jessica tanpa adanya #BuktiygNyata
    Kalau Ka Jessica telah bebas dari tuntutan Hakim, tolong #Tuntutkembali orang2 yang telah menzolimi ka jessica. Biar mereka rasakan rasanya dipenjara seperti Ka Jessica saat itu.
    #Wassalam...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maklumi aja non.. ingat..siapa yang menepuk air didalam tempayan akan membasahi wajahnya sendiri. Tidakpun pihak yang pro jessica membalasnya, akan ada hal buruk yg datang pada mereka dari entah siapalah.

      Hapus
  89. Horas Lae/Bang, sy salut melihat kegigihan Lae dalam perkara Jesicca yg telah membutuhkan kecermatan, kesabaran, yg membutuhkan energi ekstra dan biaya tinggi, sehingga perkara yg dipaksakan oleh JPU ini harus tetap dibawa ke persidangan, dan mengorbankan seorang gadis dalam terjerat dalam peradilan sesat dan dapat menghancurkan masa depannya. Berdasarkan hasil persidangan yg selama ini sy ikuti sy berharap seyogianya Majelis Hakim yg memeriksa perkara ini akan menjatuhkan bahwa Jesicca tidak bersalah atas kematian Mirna dan selanjutnya membebaskan Jesicca dari tuntutan JPU. Bang Otto and Jesicca maju terus jangan mundur perjuangkan kebenaran yg ada. Salam hangat juga buat team bang Otto Hasibuan dan juga Jesicca K W. Kiranya Tuhan memberikan kekuatan bagi kita

    BalasHapus
  90. Horas Lae/Bang, sy salut melihat kegigihan Lae dalam perkara Jesicca yg telah membutuhkan kecermatan, kesabaran, yg membutuhkan energi ekstra dan biaya tinggi, sehingga perkara yg dipaksakan oleh JPU ini harus tetap dibawa ke persidangan, dan mengorbankan seorang gadis dalam terjerat dalam peradilan sesat dan dapat menghancurkan masa depannya. Berdasarkan hasil persidangan yg selama ini sy ikuti sy berharap seyogianya Majelis Hakim yg memeriksa perkara ini akan menjatuhkan bahwa Jesicca tidak bersalah atas kematian Mirna dan selanjutnya membebaskan Jesicca dari tuntutan JPU. Bang Otto and Jesicca maju terus jangan mundur perjuangkan kebenaran yg ada. Salam hangat juga buat team bang Otto Hasibuan dan juga Jesicca K W. Kiranya Tuhan memberikan kekuatan bagi kita

    BalasHapus
  91. Bang Otto H, jika nanti Majelis Hakim membebaskan Jesicca dari tuntutan JPU, kita harus bikin selamatan/syukuran dan Bang Otto jangan lupa harus mengundang saya ya, jangan lupa, jangan lupa jangan lupa....!!!

    BalasHapus
  92. Bang Otto H, jika nanti Majelis Hakim membebaskan Jesicca dari tuntutan JPU, kita harus bikin selamatan/syukuran dan Bang Otto jangan lupa harus mengundang saya ya, jangan lupa, jangan lupa jangan lupa....!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Habis makan pulang ya ?..ohh..bolehlah foto selfie skali dgn beliau.

      Hapus
  93. Saya Hanya Ingin bertanya apakah Penyidik dan JPU mepunyai bukti atau saksi yang MELIHAT bahwa Tangan Jesica yang Menaruh racun SIANIDA di gelas kopinya Mirna???? Tolong di tanyakan kepada PENYIDIK DAN JPU..Pak Otto dan Tim,maju terus jangan kalah dengan Tuduhan yang nga punya Bukti....Kalau Jesica nantinya di Hukum sesuai Tuntutan dari JPU maka Hukum di negara qt ada CACAT..........

    BalasHapus
  94. Slmt mlm pak otto...shalom.....smga tangan tuhan ikut bekerja di dlm menuntaskan kasus ini, buat jes...sabar ya, yesus kristus menyertaimu dan smua team pengacaramu, gbu.

    BalasHapus
  95. yang saya lihat berita2 di tv,kasus jesika,ga ada buktinya,darimana dapat cianida siapa saksinya yang melihat jesika membeli racun dan siapa yng melihat memasukn kedalam gelas,,di cctv yang saya ihat di tv2 ga ada tuh jesika memasukan racun kedalam gelas,,

    BalasHapus
  96. Pergunakan terus ketrampilan dan kerendahan hatinya tulang. Agar tulang smakin Trampil n ditinggikan.God bless u n familys forever n ever.

    BalasHapus
  97. Slamat pagi bang otto, selamat berjuang demi keadilan sy setuju dgn
    kata2 anda, tdk mencari kemenangan tp demi keadilan.Bang OTTO sy betul2 solut ketlitian & kecermatan anda dlm mencari cela2 kelemahan dakwaan kasus JESSICA krn sy slalu mengikuti setiap persidangan,Tapi bang OTTO ada yg sy mau tanyakan? apakah Bang OTTO tdk medengan / melihat Dermawan solikin bila di wawancarai wartawan,koq Bang OTTO diam saja tdk pernah komen? krn takut apa msh menunggu saat yg tepat? sy yg medengar sj gk rela,TOLONG DI JAWAB. Buat Bang OTTO sekluarga semoga selalu diberi kesehatan & keslamatan, Tlg sampekan JESSICA kuatkan hatimu kuatkan imanmu sy ikut berdoa keadilan akan ditegakan kamu di BEBASKAN, Semoga TUHAN slalu melindungimu Amin GBU.

    BalasHapus
  98. Ada 3 fakta mendasar dlm kaitannya kematian Mirna, pertama : Ditemukan kopi beracun digelas , Kedua: Mirna tewas, ketiga: tidak ditemukan sianida ditubuh Mirna SESAAT setelah korban meninggal (ditemukan sianida stlh bbrp hari dg jumlah yg sgt tdk mematikan) ...fakta dua adalah fakta yg tdk mungkin terbantahkan, fakta tiga adalah fakta yg SULIT terbantahkan krn hasil uji lambung yg sgt sederhana pastilah dilakukan dg profesional, hasil negatif adalah negatif.. Fakta pertama adalah fakta yg sgt mungkin terbantahkan, krn cara pengambilan brg buktinya sudah menimbulkan keraguan, (gelas dan botol tsb sdh dituang2, dan mampir2 dulu kemana2, )...kmdn jumlah cairan dari gelas yg diuji dlm BAP melebihi kapasitas gelas yg sesungguhnya...mirna mencicip kopi yg sama tpi tdk apa2... Andai kita hrs dipaksa menarik kesimpulan, maka sesuai fakta tdi yg paling mendekati adil adalah : Mirna tewas Krn sesuatu yg bukan sianida

    BalasHapus
  99. #SaveKeadilan
    Selamat berjuang bang Otto Hasibuan & Partners, jangan sampai Kebebasan HAM dikangkangi oleh orang-orang yang menuntut keadilan dengan cara-caranya sendiri.

    BalasHapus
  100. Mudah-mudahan dua pendapat saya bisa membantu. 1 Sobeknya celana Jessica atau tangan Jessica yang menggaruk2 seharusnya tidk perlu dipermasalahkan sebab mulut Hanny pun tidak robek walau ia sempat mencicipi Kopi yang diminum Mirna. Termasuk tidak menggaruk2 bibirnya...2. Yang ngaku ahli bidang gesturasi kok tak pernah sekali pun terdengar mengucapkan istilah fosturasi padahal sangat berkaitan

    BalasHapus
  101. Selamat siang. Tanpa maksud membela salah satu pihak yg berperkara sy ingin tahu apakah hard disk cctv sdh diamankan sbg barang bukti? Krn menurut perkiraan saya, teknologi recovery sdh sangat maju sehingga sebagian besar file video yg terhapus akan bisa direcovery asalkan harddisk sdh disita dalam waktu yg tdk terlalu lama dr tgl kejadian. Terima kasih.

    BalasHapus
  102. Oh iya ada stu lagi..... Jawaban2 Jessica ketika di bredel pertanyaan dari pagi hingga malam oleh sejumlah pihak, wajar jika kurang begitu fokus...Itu sangat manusiawi dan bisa dialami siapa pun termasuk jika JPU diperlakukan seperti itu, apalagi diantara pertanyaanya ada soal jarak, waktu dst yang menuntut keterukuran. Sementara hal tsb sudah dialamainya berbulan2 lampau......Mudah2an tidak berpengaruh jelek terhadap pandangan hakim dalam membuat hukuman

    BalasHapus
  103. Buat Majelis hakim yg Mulia, JPU sendiri telah ragu atas tuduhannya sendiri
    beserta semua bukti.
    keraguan JPU ini ditunjukkan melalui tuntutannya yg 20 thn.

    tidak ada namanya setengah membunuh.
    tidak ada namanya setengah yakin,
    hukum adalah ILMU PASTI,
    hukum menyangkut pembuktian,

    berarti tdk ada namanya hukuman setengah dikarenakan adanya keraguan
    pda barang bukti.
    jadi kalo JPUnya ragu, konsekwensinya Jessika BEBAS.

    BalasHapus
  104. Menurut saya Mirna meninggal karena bukan sianida, yang artinya penyebab kematian tidak diketahui, jadi pidana pembunuhan tidak bisa disangkakan kepada seseorang sampai kemudian ada bukti terjadinya pembunuhan.

    BalasHapus
  105. Pak Otto Hasibuan yang terhormat.saya selalalu mengikuti sidang kasus Jesica yang di siarkan lewat TV One.menurut hemat saya sebagai orang awam. jesica tidak bisah di hukum karena tidak bisa di buktikan bahwa jesica yang menaruh sianida di kopinya mirna...kasus ini kan mencari siapa yang menaru sianida...tapi selama ini apakah Penyidik dan JPU dan adakah saksi yang mendapat bukti (melihat) bahwa tangan jesica lah yang menaru sianina di gelasnya mirna?Semua hanya menduga2...intinya apakah penyidik dan JPU mempunyai saksi yang benar2 melihat jesica yang menaru sianida itu? Jadi kalau jesica nantinya di hukum menurut tuntutan JPU,maka menurut saya hukum di negara qt cacat.karena walaupun tidak bisa di buktikan atau tidak ada yang melihat jesica yang menaru sianida,yang penting sudah menciptakn opini publik bahwa jesicalah yang meracun mirna maka itu tetap di hukum walaupun tidak ada bukti....aneh ya....Saya dan keluarga selalu mendukung Bapak dan Timnya. Semonga Tuhan Yesus selalu bersama2 dengan Bapak...kepada jesica yakinlah bahwa Tuhan Yesus selalu bersama2 dan tidak pernah Dia meninggalkan saudara....Amin

    BalasHapus
  106. Tidak ada Kopi sianida, yang ada besar kemungkinan sikorban punya penyakit jantung,paru2, dan kenapa tidak ada penjelasan sebelum minum kopi , makanan apa atau minum apa saja yang di konsumsi korban

    BalasHapus
  107. Saya salut x dengan ketenangan pk otto dipersidangan,,, lanjut pk

    BalasHapus
  108. MISTERI PEMBUNUHAN MIRNA?

    Assalamu`alaikum wr.wb.
    Jessica Kumolo Wongso adlh org dari kalangan berada yg mempunyai karakter keras,egois,mau menangnya sendiri,pendendam dan punya iri hati yg sangat tinggi. Dalam pergaulannya dilingkungan yg salah membuat Jessica ini tdk akan pernah dpt mencapai cita-cita yg dia harapkan walaupun sekolah setinggi apapun. krn itulah takdirnya hanyalah sbg ibu rumah tangga saja nantinya.
    Menanggapi Kasus pembunuhan Mirna salihin yg heboh ini saya akhirnya ikut simpati dan akhirnya menanyai RUH Jessica dan mirna. Ruh Adlh ciptaan Allah yg dibawa sejak dlm kandungan dan yg nantinya akan ditanyai sewaktu di padang masyhar kelak, dan ruh tsb tdk mungkin bisa bohong sama sedikitpun.
    Apakah Jessica yg membunjuh Mirna?
    Jessica : " Saya tidak tahu sama sekali,bahkan saya sangat kaget waktu kejadian itu."
    Apakah Mirna kamu dibunuh oleh Jessica?
    Mirna ;" Bukan, krn saat perjalanan menuju kaffe olivier itu memang zat asam dilambung saya lagi tinggi, setelah minum kopi itu seluruh badan saya tiba-tiba menjadi panas,mual dan setelah itu saya tdk tau lagi apa yg terjadi."

    Mohon Jangan percaya 100 persen krn bisa menimbulkan kesyirikan, masalah kebenaran itu nantinya hanyalah dr Allah semata.

    Kejadian tsb diatas sama persis dgn peristiwa meninggalnya Bpk.Ndandun warga ds.klewer,manisrenggo,klaten. Pada waktu pagi hari pak ndandun membuat kopi hitam panas di depan istrinya, selang beberapa menit seluruh badanya terasa panas,dan mulutnya mengeluarkan busa didepan istrinya. warga sempat melarikan pak ndandun ke RS.Ngemplak 1 koroulon,sleman,yogyakarta. namun nyawa pak ndandun tdk tertolong lagi. (berita ini dpt saya pertanggung jawabkan kebenaranya silahkan email ke saya).

    semoga tulisan ini ada manfaatnya , Allah segera membukakan jalan kebenaran dan melaknat orang-orang yg bersumpah palsu dengan menyebut nama Allah.

    Wassalamu`alaikum Wr.Wb.

    BalasHapus
  109. Prihtin dengan kasus jessica wongso.. Tapi sy sangt tidak yakin kalau anak ini membunuh temannya sendiri. Tapi sy sangatlah yakin bahwa Tuhan Maha Pengasih dan Penyanyang. Dan tau pasti siapa yg membunuh.. Kalau sy melhat jessica dari mata, bibir dan tatapan selama sidang, anak ini berbicara yg sejujur2 nya.. Coba untuk selidiki lebih jauh orang2 selain jessica.. Dan seseorang yang ingin membunuh tidak mgkn si pembunuh duduk 1 meja dengan korban.. Ada apa sebenarnya di kasus kematian ini. Tuhan maha adil pasti akan terkuak siapa pembunuh sebenarnya.. Maju terus Bp. Otto Hasibuan. GBU

    BalasHapus
  110. Selamat siang. Tanpa maksud membela salah satu pihak yg berperkara sy ingin tahu apakah hard disk cctv sdh diamankan sbg barang bukti? Krn menurut perkiraan saya, teknologi recovery sdh sangat maju sehingga sebagian besar file video yg terhapus akan bisa direcovery asalkan harddisk sdh disita dalam waktu yg tdk terlalu lama dr tgl kejadian. Terima kasih.

    BalasHapus
  111. Jika jessica bebas, dia harus ambil boru ke marga hasibuan, jadi nama nya JESSICA KUMALA WONGSO BR HASIBUAN, krn hubungan antara jessica dan pak otto, kaya bapak dan borunya. Sukses selalu buat pak otto, salam dari jambi

    BalasHapus
  112. Salut buat pak otto, maju terus, kalahkan orang2 yg menjijikan itu..

    BalasHapus
  113. yg jelas dengan kasus Jesica naik naik ke publik banyak rakyat Indonesia menjadi melek hukum atau paling tidak apa itu pasal 340 kuhp dan kepada bapa oto saya bangga terhadap Anda semoga bapa sehat selalu

    BalasHapus
  114. tanpa memihak siapapun, jika jesicca berbohong otomatis pengacara juga berbohong dan akan berdampak lebih besar terhadap pengacara karna sekarang bukan JPU aja lawan dari pengacara tetapi kepolisian republik indonesia jga karna telah mencemarkan nama baik kepolisian

    BalasHapus
  115. kenapa es kopi vietnam datang sebelum yg di traktir tiba di tempat kejadian

    BalasHapus
  116. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  117. Aku sangat yakin jessica tdk bersalah

    BalasHapus
  118. Aku sangat yakin jessica tdk bersalah

    BalasHapus
  119. Setelah persidangan Jessica keep 30, jelaslah apa yang saya katakan 2 September lalu bhw Jessica adalah bukan pembunuh Mirna dengan tidak ditemukan bukti2 dalam persidangan.
    Saya melihat bahwa kemungkinan Ariel Sumarko adalah pelakunya atas dasar sebagai berikut :
    1. Arief sudah meracuni Mirna sebelum Mirna tiba di Olivier Cafe. Kemudian kopi yang diminum Mirna tidak bersianida, tapi kopinya dimasukkan sianida setelah Mirna meninggalkan Olivier atau meninggal.
    2. Arief berprilaku janggal seperti :
    - membawa Mirna ke rumah sakit tergesa-gesa tanpa ambulanct
    - mengatakan bahwa semua yang dikatakan Jessica di TV bohong
    - memaksakan bahwa hanya Jessica tanpa mencari kemungkinan pelaku 2 yang lain.
    - menyatakan salah atas Jessica tentang motif pembunuhan Mirna
    - berbohong dan menuduh selalu pada Jessica disetiap pemunculannya di TV bahkan sampai duplek PH selesai.
    - kemungkinan melakukan pemusnahan Amir P yang berpotensial sebagai saksi dikemudian hari atau nantinya sebagai alat bukti dipersidangan

    Dari semuanya diatas, ada kemungkinan besar bahwa dia sebagai pelaku.

    - kemungkinan jpu mendapat suap langsung atau melalui Polisi.

    BalasHapus
  120. Mantaap pak Otto lanjutkan....saya dukung tim anda....
    Saya sangat yakin bahwa jessika tidak bersalah...

    Saya yakin suami korbanlah yg melakuanya...
    Salam bpa Otto Hasibuan

    BalasHapus
  121. Horas,salam
    Mohon maf sebelum nya,bukan nya sok pintar,.
    Tpi kalo saya lihat dari wajah dan jidat nya Jesica, dia mengatakan yg sebenar nya, gak ada kebohongan dengan yg dia sampaikan, hanya satu yg saya curigai yaitu suami nya Mirna,dengan melihat wajah nya dan pernyataan nya kepada media dia sedikit senyum,dan firasat saya mengatakan bahwa suami nya Mirna lah yang merencanakan itu semua dengan cara cuci tangan,dia merencanakan dan memfitnah Jesica, tak ada kesedihan di wajah nya kalo Mirna meninggal ,dan dia malah senang,

    BalasHapus
  122. Horas,salam
    Mohon maf sebelum nya,bukan nya sok pintar,.
    Tpi kalo saya lihat dari wajah dan jidat nya Jesica, dia mengatakan yg sebenar nya, gak ada kebohongan dengan yg dia sampaikan, hanya satu yg saya curigai yaitu suami nya Mirna,dengan melihat wajah nya dan pernyataan nya kepada media dia sedikit senyum,dan firasat saya mengatakan bahwa suami nya Mirna lah yang merencanakan itu semua dengan cara cuci tangan,dia merencanakan dan memfitnah Jesica, tak ada kesedihan di wajah nya kalo Mirna meninggal ,dan dia malah senang,

    BalasHapus

  123. Silahkan banding...truslah banding..sampai maut merenggut hati yg kotor

    BalasHapus